Kamis, 11 Desember 2008

KAMPUSKU

STMB Telkom Berganti Status Jadi Institut


Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis atau STMB Telkom berubah status menjadi institut. Dengan demikian, namanya pun ikut berganti menjadi Institut Manajemen Telkom. Perubahan ini salah satunya bertujuan mengejar reputasi internasional.

Perubahan bentuk institusi (IM Telkom) bukanlah sebuah hadiah dari pemerintah, melainkan wujud kepercayaan kepada lembaga perguruan tinggi agar meningkatkan kualitas dan konsistensinya dalam memajukan pendidikan nasional.

Perguruan tinggi, khususnya IM Telkom, hendaknya menumbuhkan kreativitas dan inovasi kepada mahasiswa. Kreativitas dan ilmu pengetahuan ini adalah bentuk aset tidak berwujud yang menjadi kunci daya saing bangsa. Lulusan IM Telkom ke depan diharapkan bisa bersaing di kancah global. Kita boleh bermimpi lulusan IMT nantinya bisa bersaing secara internasional. Dan, IMT mengalahkan Universitas Multimedia Malaysia.

IMT ditargetkan bisa menjadi universitas bereputasi dunia pada tahun. SDM berkualitas rendah di bidang teknologi dari Asia Tenggara macam Filipina dan Vietnam kini sudah bisa menembus pasar kerja Amerika Serikat.

Maka, tidak memungkinkan Indonesia melakukan hal serupa. Perubahan status ini merupakan implikasi dari kebutuhan dan pengembangan perguruan tinggi. Termasuk, mengejar status universitas kelas dunia. IM Telkom merupakan satu dari empat perguruan tinggi yang berada di bawah naungan YPT Telkom. Tiga PT lainnya adalah Institut Teknologi Telkom, Politeknik Telkom, dan NTC Telkom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar